Wisata

Rekomendasi Kuliner Wonosobo Khas dengan Cita Rasa Nikmat dan Lezat

Kuliner Wonosobo cukup banyak dan populer. Bahkan sebagian besar orang yang berkunjung ke tempat ini memburu makanan khas ataupun tempat kuliner yang sedang terkenal. Saat berkunjung ke Wonosobo tentu lidah anda akan dimanjakan dengan berbagai menu makanan yang istimewa. Wonosobo merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki udara sejuk dan dingin.

Banyak para wisatawan yang berkunjung untuk menikmati hawa sejuk dan kuliner disana. Bagi anda yang gemar dengan wisata kuliner, sempatkan untuk berkunjung ke Wonosobo. Beragam wisata kuliner khas Wonosobo bisa anda dapatkan dengan mudah. Ada yang menyediakan beragam makanan, hingga minuman segar. Tempat kuliner pun cukup mudah untuk anda temukan.

Rekomendasi Wisata Kuliner Wonosobo

Wonosobo menjadi salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki hawa dingin dan sejuk. Ada banyak tempat menarik yang wajib anda kunjungi dengan berbagai fasilitas lengkap. Tidak hanya itu saja, Wonosobo juga memiliki banyak makanan khas yang cocok untuk dinikmati. Bagi anda yang sedang merencanakan berkunjung ke Wonosobo berikut ini ada beberapa rekomendasi kuliner khasnya antara lain:

1. Carica

Mungkin bagi sebagian besar orang belum mengenal yang namanya buah carica. Buah khas Wonosobo ini mirip dengan pepaya namun, ukurannya cukup kecil. Kebanyakan tumbuh di daerah subur Dieng, Jawa Tengah. Rasa daging buah carica asam namun, isinya yang memiliki rasa manis.

Ada banyak olahan yang bisa dibuat dari buah yang satu ini. Misalnya saja manisan, keripik, minuman hingga jenis kuliner olahan lainnya. Ada banyak tipe kemasan yang biasa dijual belikan. Mulai dari bentuk cup hingga botol. Kuliner khas yang satu ini mampu menarik wisatawan karena kelezatannya. Anda bias memperoleh nya di Carica Sumbing Segar yang telah terpercaya.

2. Mie Ongklok

Ada kuliner Wonosobo yang tidak bisa terlupakan ketika berkunjung yaitu mie ongklok. Kuliner yang satu ini sudah lama menjadi ikon kota Wonosobo. Mie ini memang dibuat dengan cara tradisional. Bagan bakunya yaitu mi, kubis, daun kucai dan dicampur dengan kuah kacang kental. Kuah tersebut biasanya disebut dengan loh dan biasanya disajikan bersama sate kambing dan tempe kemul.

3. Dendeng Gepuk

Ada banyak kuliner khas yang bisa anda nikmati ketika berkunjung ke Wonosobo. Salah satunya yaitu dendeng gepuk. Olahan daging sapi ini menjadi kuliner khas yang bisa anda nikmati. Anda bisa nikmati dendeng gepuk lengkap bersama nasi putih hangat dan sambal bajak.

4. Kacang Dieng

Mungkin sebagian besar orang lebih mengenal kacang babi. Namun, sebaiknya jangan beranggapan buruk jika terbuat dari babi. Nama ini memang kata lain dari kacang Dieng. Bentuknya yang lebih besar dari pada kacang biasa yang digoreng dengan bumbu tabur di atasnya. Makanan khas dieng ini tidak akan anda temukan di daerah lain. Selain nikmat, kacang dieng juga kaya gizi.

5. Tempe Kemul

Kuliner khas Wonosobo yang lain yaitu tempe kemul. Mungkin sebagian besar orang menganggap jika tempe kemul adalah mendoan. Namun, sebenarnya berbeda karena khas dengan taburan kucai yang menyelimutinya. Memiliki bentuk yang renyah sehingga cocok dimakan ketika masih hangat. Anda bisa makan bersama cabai yang mampu memberikan rasa nikmat dan ketagihan.

Wonosobo terkenal dengan beberapa tempat wisatanya yang menarik. Bahkan anda akan merasa nyaman dengan berkunjung ke kota dingin dan sejuk di Jawa Tengah ini. Beragam kuliner Wonosobo yang menjadi ciri khas dapat anda nikmati dengan cita rasa yang lezat dan unik.

About author

Arief Ramadhan adalah seorang Blogger asal Pekanbaru yang fokus membahas seputar Teknologi, Wisata, Kuliner, dan Review. Ulasannya bisa dilihat di https://www.arieframadhan.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *