Agama

Manfaat Menjadi Orang yang Dermawan

Allah SWT dan rasul-Nya selalu mengajarkan kepada semua umat Islam untuk selalu berbagi dengan sesama dan bersikap dermawan. Berbagi dengan sesama merupakan salah satu hal yang cukup mudah untuk dilakukan. Namun hal tersebut tidak berlaku bagi mereka yang memiliki sifat kikir dan takut miskin karena harta yang mereka bagi kepada orang lain akan berkurang jumlahnya.

Padahal, Allah SWT sendiri yang telah mengatur rezeki para hamba-Nya dan Allah akan mencukupkan mereka yang suka berbagi dan memiliki sifat dermawan. Bersikap dermawan ternyata memiliki banyak sekali manfaat dalam kehidupan ini, terutama untuk kebahagiaan Anda. Apa saja manfaat yang bisa didapat dari sifat mulia satu ini?

Hadits tentang Sifat Dermawan

Sebelum membahas tentang manfaat apa saja yang bisa didapatkan oleh seseorang yang memiliki sifat dermawan, Rasulullah sendiri telah menjelaskan tentang sifat ini di dalam sebuah hadits.

Rasulullah SAW bersabda:

السخي قريب من الله قريب من الناس والبخيل بعيد من الله بعيد من الناس ولسخي جاهل أحب الى الله من بخيل عابد

Artinya: “Orang yang dermawan itu dekat kepada Allah dan dekat kepada manusia. Sedangkan orang yang kikir jauh dari Allh dan jauh dari manusia. Orang yang dermawan tapi bodoh lebih disukai oleh Allah daripada orang yang ahli ibadah tapi kikir.”

Namun, hadits di atas di dalam sanadnya terdapat perawi yang sangat lemah. Perawi tersebut bernama Said bin Muhammad Al-Anshari. Hal tersebut yang membuat hadits satu ini sangat lemah.

Rasulullah SAW sendiri pernah berkata, bahwa setiap hari ada dua malaikat yang turun ke bumi. Salah satu malaikat tersebut berdo’a:

اَللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا

Artinya: “Ya Allah berikan kepada orang yang berinfak itu ganti.”

Dan malaikat satunya berdo’a:

اَللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

Artinya: “Ya Allah berikan kepada orang yang kikir itu kehancuran pada hartanya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Manfaat Menjadi Orang yang Dermawan

Menjadi seseorang yang dermawan ternyata memiliki manfaat baik untuk diri sendiri ataupun orang sekitarnya. Berikut adalah manfaat menjadi orang yang dermawan:

1. Menginspirasi orang lain

Perbuatan baik yang kita lakukan bisa membuat orang lain merasa terinspirasi untuk melakukan perbuatan yang sama. Hal tersebut membuat semakin banyak hal positif tersebar di masyarakat.

2. Menetralkan Sifat Buruk yang Ada Di Dalam Diri

Siapa sangka jika sikap dermawan yang kerap dipraktekkan sehari-hari dapat menetralkan sifat buruk yang ada di dalam diri sendiri.

Hal ini karena perbuatan baik yang selalu dilakukan secara terus-menerus maka akan membuat diri sendiri terbiasa berbuat baik dan menjauhkan diri dari perbuatan yang buruk.

3. Kebaikan yang Dilakukan akan Selalu Kembali

Kebaikan yang pernah dilakukan kepada orang lain, hal tersebut akan selalu kembali ke diri kita sendiri, walaupun terkadang tidak melalui orang yang pernah dibantu.

Jika Anda berbuat baik kepada orang lain, biasanya Anda juga bisa mendapatkan perbuatan baik yang dilakukan oleh orang lain.

Namun sejatinya dalam berbuat baik dilakukan dengan ikhlas dan mengharap ridha dari Allah SWT.

4. Menjadi Pribadi yang Lebih Bersyukur

Saat Anda berbagi dengan orang lain, maka hal tersebut dapat membuat Anda menjadi pribadi yang lebih bersyukur.

Menjadi dermawan membuat Anda sadar, bahwa ada orang yang lebih membutuhkan uluran tangan dari orang lain.

5. Membuat Hidup Menjadi Lebih Bahagia

Saat berbagi, hal ini membuat perasaan Anda menjadi lebih bahagia dan tenang. Beberapa penilitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif antar kebahagian dan memiliki sifat dermawan.

Untuk pembahasan mengenai hal ini silahkan kunjungi https://www.dakwahdaily.com. Dermawan merupakan salah satu sifat mulia yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, Rasulullah SAW sendiri memiliki sifat dermawan yang membuat siapa saja merasa luluh dengan sifat beliau termasuk musuhnya sekalipun.

About author

Seorang Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *