Umum

Cara Membuat Kucing Betina Birahi Berat

Cara Membuat Kucing Betina Birahi Berat

Punya kucing betina tapi susah untuk dikawinkan? Mungkin si kucing belum birahi berat sehingga menolak setiap kucing jantan yang kamu bawa. Ini masalah. Bisa jadi teknik yang kamu pakai salah. Bisa juga kamu belum tahu cara membuat kucing betina birahi. Biar kamu sukses mengawinkan kucing yang sulit birahi, kami punya tips menarik ini. Berikut 3 cara membuat kucing betina birahi berat yang kami kutip dari laman goldenmaze.net.

Cara #1: Berikan Makanan yang Kaya akan Protein dan Vitamin E

Makanan yang kaya akan protein dan vitamin E akan meningkatkan kadar hormon progesteron sehingga kucing betina cepat birahi. Peningkatan kadar hormon progesteron dapat membuat tubuh kucing betina hangat (in-heat). Dengan begitu, kucing betina akan sangat bergairah untuk kawin dengan kucing jantan.

Beberapa makanan yang kaya akan protein dan vitamin E:

  1. Daging ayam bagian dada.
  2. Daging ikan yang sudah di fillet.
  3. Telur.
  4. Daging sapi.
  5. Makanan basah kucing, seperti: Royal Canin, Pro Plan, Frieskis, dll.
  6. Minyak ikan yang kaya vitamin E.

Dalam penyajiannya, pilihkan daging yang sehat dan berkualitas. Hindari memberikan daging yang penyakitan. Kalau kamu ragu, kamu bisa merebus daging terlebih dahulu.

Berikan makanan kaya akan protein dan vitamin E seminggu sebelum kamu mengawinkan kucing. Dengan begitu, kucing betina akan birahi saat bertemu dengan kucing jantan yang dia suka.

Cara #2: Kawinkan Kucing Betina saat Masa Estrus

Kucing betina memiliki siklus polyestrus. Di mana, kucing akan mengalami siklus estrus selama beberapa kali dalam setahun sampai kucing hamil. Nah, kamu perlu memanfaatkan momen tersebut. Karena pada saat memasuki masa estrus, kucing betina akan sangat siap untuk kawin. Maka dari itu, beberapa pemilik kucing menandai masa estrus kucing betina sebagai masa kawin.

Biar kamu lebih paham, kami kasih tahu proses perjalanan siklus birahi kucing betina.

  • Fase proestrus: Masa kucing betina cari-cari perhatian dengan kucing jantan. Namun, kucing belum mau kawin. Masa proestrus terjadi selama 2 hari.
  • Fase estrus: Masa kucing betina birahi berat dan ingin kawin. Masa ini cocok untuk mengawinkan kucing. Karena kamu dapat membuat kucing betina birahi berat hangat dengan mendekatkan kucing betina dengan kucing jantan yang dia sukai. Masa estrus berlangsung selama 7 hari.
  • Interestrus: Jika kucing belum kawin dan belum hamil selama masa estrus, birahi kucing akan mereda. Masa birahi kucing menurun inilah yang disebut interestrus. Masa interestrus berlangsung selama 2-3 minggu.
  • Fase metestrus: masa setelah estrus atau kawin. Masa metestrus berlangsung selama 30-40 hari. Jika kucing hamil, kucing akan melahirkan anak kucing pada hari ke 60-64 pasca kehamilan. Pada saat kucing hamil, birahi kucing akan menurun sampai batas terendah.

Dari informasi tersebut, kita paham bahwa kucing punya masa birahi berat. Dan masa birahi kucing mengalami kenaikan dan penurunan sesuai siklusnya.

Nah, cara membuat kucing birahi berat paling mudah adalah menandai kalender estrus kucing. Kamu tinggal menghitung kapan kucing mulai masuk masa proestrus. Kemudian, kamu kasih makanan yang kaya akan protein dan vitamin E di masa tersebut.

Selanjutnya, saat kucing betina memasuki masa estrus, segera dekatkan dengan kucing jantan yang dia sukai. Jika kucing betina memberikan reaksi positif, kucing betina akan nungging atau guling-guling di dekat kucing jantan. Itu tandanya si kucing sudah birahi berat.

Cara #3: Kandangkan Kucing Betina di dekat Kucing yang Sedang Birahi

Kucing biasanya memasuki masa kawin secara bersamaan. Hal ini karena kucing memiliki siklus polyestrus. Jadi, kucing betina satu dan kucing betina lainnya dapat birahi di minggu yang sama. Dan biasanya, kucing jantan juga akan masuk masa kawin di waktu yang sama.

Jika kamu punya pasangan kucing yang mau memasuki masa kawin, kamu bisa mengandangkan kucing betina yang sulit birahi di dekatnya. Mendekatkan kucing betina ke kucing lain yang sedang birahi akan menaikkan hasrat si kucing. Dan saat memasuki ke masa estrus, kucing akan ikut birahi berat dan siap kawin. Jadi, ya semacam memberikan pancingan gitu! Paham ya? Cara terakhir ini biasanya cocok untuk kucing betina yang belum pernah kawin.

Teknik tambahan yang bisa kamu pakai adalah sering mengelus-elus area pinggul dekat ekor kucing betina. Di bagian tersebut banyak sarat yang sensitif terhadap sentuhan. Jika kucing betina kamu belai bagian tersebut, kucing akan memberikan reaksi. Ada yang nungging, ada yang guling-guling ada yang pasrah. Itu salah satu tanda kalau birahi kucing naik.

Begitulah 3 cara membuat kucing betina birahi berat. Kamu dapat menggabungkan ketiga metode tersebut atau memilih salah satunya. Silakan sesuaikan dengan kondisi kucing betina milikmu ya. Jika ada yang belum jelas, silakan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar di bawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *